Crafternity

booking.com X Crafternity

14 April 2018. Alhamdulilah kemarin Crafternity dipercaya dan diberi kesempatan oleh booking.com untuk mengisi salah satu acara friends and family gathering mereka (special thank buat kak Amel). Workshop kali ini tentang melukis talenan. Yup talenan! Itu lho chopping board a.k.a alas kayu yang biasa kalian pakai untuk memotong buah, daging maupun sayuran di dapur.

Poin dari acara ini sebenernya buat memperkenalkan seni kepada mereka, seru-seruan aja dan super santai. Beberapa teman-teman khawatir “aaah aku ga bisa gambar nih”, tenang! Cara jadul bisa menyelamatkan mu. Team Crafternity sudah menyiapkan print out kertas yang bisa di gunakan teman2 untuk acuan gambar ornamen bunga dan dedaunan. Cara trace (jiplak) nya gampang banget. Ga usah ribet pake karbon segala, jaman sekarang susah cari karbon dan itu pun kotor kalo digunakan. Jadi pake pensil kayu aja sih, cepat, ada dimana aja, mudah dihapus dan affordable (ini kan terpenting? hha) toh sama-sama karbon ini (grafit). Oret2 aja di belakang kertas dari gambar yang mau dijiplak. Tercetak kan tu di media kayunya, kemudian di cat saja pake cat akrilik, merk apa aja terserah ini preferance soalnya. Kalo sudah baru dah di semprot cat clear biar ga jamuran dan lebih awet.

proses trace

Sejujurnya aku pun demikian, merasa tidak dapat menggambar, dan ternyata sebenarnya hampir semua orang merasa begitu. Dulu bagian talenan di Crafternity dipegang oleh Ophi, dan ketika Ophi memutuskan untuk kerja di luar kota, otomatis posisi pelukis talenan kosong. Jadilah aku yang selalu ga pede buat gambar itu mau ga mau wajib menggambar. Banyak hal yang ku sadari setelahnya, bahwa menggambar itu habit, semakin sering semakin lues dan semakin bagus. Aku ga bilang kalo aku jago ya, dan selalu ku tekankan bahwa menggambar ku itu tak berteknik. Sebab aku menggambar sesukaku dan ala ku. Poinnya seni itu ga ada benar atau salah, ga usah banyak mikir, karena ketidak sempurnaan itulah seninya.¬† As long as you are having fun, it’s enough right?¬†Jadi jangan lagi takut buat ngegambar, lakuin aja. Seperti anak dari bos booking.com ini. Awalnya dia uda sketch bunga, daun, dan gambar lainnya. Sudah di warna pun, tetapi mungkin karena dia merasa itu bukan dia, mulailah dia cat ulang semuanya, dan menurutku hasilnya justru lebih idup dari pada gambaran dia awal (bisa dilihat di foto ramean, dia pegang karyanya).

Satu lagi nih yang paling seru dan patut diapresiasi. Salah satu keluarga booking.com bawa anaknya yang masih kecil. Mama ini melukis nama anaknya sambil gendong putranya. Luar biasa multitasking ya seorang ibu itu. Dan yang paling aku suka adalah beliau tidak melupakan putranya sedikit pun, justru beliau mengajak putranya berpartisipasi, dengan apa? Mengecap telapak tangan anaknya ke talenan. It’s cute tho.

Seperti yang diawal aku bilang, kalo workshop itu healing. Great escape beneran deh. Macam refresh button in real life hha. Laptop aja perlu di refresh apalagi idup kita, ya kan? Apalagi yang didapat ga cuma ilmu baru, relasi, tapi juga perasaan happy dan fresh, itu yang paling penting.

booking.coom X Crafternity

Contact us on:

WA : 085729031857 | LINE : crafternity 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *